3.09.2010

Catatan Sipil Akui Data Pemilih DP4 Mamuju Tidak Akurat

.

Mamuju (ANTARA News) - Kantor Catatan Sipil (Capil) Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar) mengakui jika data pemilih yang terdapat pada data penduduk pemilih potensial (DP4) untuk pilkada di wilayah itu tidak akurat.

"Data DP4 yang kami serahkan ke KPU Sulbar untuk menjadi acuan mengenai masyarakat yang akan memiliki hak pilih di pilkada Mamuju, memang tidak akurat, karena masih terdapat pemilih ganda, namun itu bukan kesalahan kami,"kata Kepala Kantor Capil Mamuju, Mas Agung di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, data DP4 yang dibuat Capil Mamuju tidak akurat karena terbatasnya peralatan yang dimiliki pemerintah, untuk mengetahui data pemilih yang ganda di Mamuju, yang saat ini menjadi masalah pada data DP4 Mamuju.

Menurut dia, data DP4 untuk pilkada Mamuju diperoleh dari data domisili penduduk di wilayah ini mulai dari tingkat RT, RW, Dusun Kelurahan, Desa dan kecamatan di wilayah Kabupaten Mamuju, sehingga jika terdapat pemilih ganda itu juga berasal dari mereka yang dari tingkat bawah.

Ia mengatakan, data pemilih pada data DP4 di Mamuju meningkat sekitar 19,8 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) pemilu presiden (Pilpres) sekitar 226.851 orang di wilayah itu setelah di laporkan ke KPU Mamuju.

"Peningkatan DP4 tersebut karena tingginya angka mobilisasi penduduk yang masuk ke daerah ini karena wilayah ini dalam tahap perkembangan," katanya.

Agung mengatakan, data DP4 Mamuju saat ini sedang dikelola di KPU Sulbar sebagai pelaksana tugas KPU Mamuju untuk dijadikan daftar pemilih sementara (DPS) dan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) di pilkada Mamuju 2010. (MFH/K004)

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar