6.03.2010

Moody`s Turunkan Peringkat BP Akibat Tumpahan Minyak Teluk

.

London (ANTARA News/AFP) - Moody`s Investor Service pada Kamis menurunkan peringkat BP dari Aa1 menjadi AA2, mengutip dampak tumpahan minyak Teluk Meksiko, setelah sebelumnya Fitch menurunkan peringkat perusahaan energi Inggris.

"Moody`s Investor Service hari ini telah menurunkan peringkat surat utang senior unsecured (tanpa jaminan) dari BP plc dan anak perusahaan yang dijamin dengan satu tingkat menjadi AA2 dari

Aa1," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan. "Pada saat yang sama, Moody`s juga menempatkan peringkat utang jangka panjang tersebut di atas dalam kajian untuk kemungkinan turun lebih lanjut. "

Lembaga itu menambahkan bahwa peringkat jangka panjang terbitan BP Corporation North America Inc dan BP Finance plc juga telah diturunkan menjadi Aa3 dari AA2.

"Penurunan peringkat utang jangka panjang BP hari ini mencerminkan ekspektasi Moody`s bahwa berlarut-larutnya tumpahan minyak di Teluk Meksiko, yang disebabkan oleh ledakan di rig pengeboran Transocean Deepwater Horizon, akan menghasilkan penahanan signifikan dan biaya pembersihan serta biaya litigasi.

"Moody`s memperkirakan biaya-biaya membebani secara signifikan pada kapasitas umum arus kas bebas BP dan membatasi kemampuannya untuk fokus pada bidang utama lainnya dari bisnis perusahaan dalam jangka menengah dekat," katanya.

Sebelumnya pada Kamis, lembaga Fitch telah menurunkan peringkat utang jangka panjang BP dan peringkat senior unsecured dari AA + menjadi AA dan meletakkannya di pantauan negatif, mengutip risiko dari tumpahan minyak besar di Teluk Meksiko.

BP sejauh ini telah gagal dalam segala upaya untuk memperbaiki kebocoran, memicu peningkatan kemarahan di Washington karena minyak mencemari pantai Teluk.

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar