3.25.2010

Amir Sikapi Positif Wacana Kandidat Ketum Demokrat

.

Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Amir Syamsuddin menyikapi positif munculnya wacana nama-nama kandidat ketua umum Partai Demokrat, meski persyaratan calon baru akan dibahas dalam Rakornas di Jakarta 27-28 Maret nanti.

"Dari nama-nama yang muncul umumnya mereka adalah tokoh muda yang cerdas, energik dan populer," kata Amir Syamsuddin, di Jakarta, Kamis.

Sampai saat ini sudah ada empat nama yang disebut-sebut sebagai kandidat Ketua Umum DPP Partai Demokrat, yakni Anas Urbaningrum (Ketua DPP/Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR), Andi Mallarangeng (Ketua DPP/Menteri Negara Pemuda dan Olahraga), Agus Hermanto (Ketua DPP/Anggota DPR) dan Marzuki Alie (mantan Sekjen Partai Demokrat/Ketua DPR).

Amir mengatakan, munculnya tokoh muda yang cerdas dan energik merupakan gajala baik bagi masa depan Partai Demokrat.

Apalagi, tokoh-tokoh muda tersebut populer dan memiliki kemampuan politik yang baik.

Menurut dia, pemberitaan tentang kandidat ketua umum merupakan bagian dari sosialisasi sekaligus pernyataan kesiapan mereka masing-masing, meskipun belum ada yang mendeklarasikan diri secara resmi.

"Melalui pemberitaan di media massa masyarakat bisa lebih mengenal dan menilai kapabilitas dari para bakal calon pimpinan Partai Demokrat ke depan," katanya.

Dikatakannya, persyaratan dan mekanisme pemilihan ketua umum Partai Demokrat periode lima tahun ke depan akan ditetapkan pada rakornas di Jakarta, 27-28 Maret 2010.

Dalam rakornas tersebut, akan dibahas berbagai persyaratan seperti dukungan minimal seorang bakal calon menjadi calon, lamanya mengabdi sebagai pengurus partai dan sebagainya.

Secara logika, kata dia, jika ada salah satu kandidat yang mendapat dukungan suara sangat dominan, bukan tidak mungkin dilakukan penetapan secara aklamasi. Tapi jika kekuatan dukungannya merata, maka dilakukan proses pemungutan suara (voting) untuk memperoleh suara terbanyak.

Kongres II Partai Demokrat akan diselenggarakan di Bandung pada Mei 2010 yang diikuti peserta dari pengurus pusat, pengurus daerah dari 33 provinsi serta pengurus cabang dari sekitar 470 kabupaten/kota.

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar