2.10.2010

Bernanke Dan "Bailout" Yunani Tekan Wall Street

.

New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham di Wall Street jatuh pada Rabu waktu setempat, karena pasar mencerna komentar dari Ketua Federal Reserve Ben Bernanke tentang strategi keluar dari stimulus besar dan beratnya prospek untuk "bailout" (dana talangan) Yunani.

Dow Jones Industrial Average turun 20,86 poin (0,21 persen) menjadi 10.037,78 pada bel penutupan di sebuah sesi berombak yang terlihat berayun ke kedua arah.

Indeks komposit Nasdaq kehilangan 3,00 poin (0,14 persen) menjadi 2.147,87 dan indeks pasar luas Standard & Poor`s 500 mundur 2,46 poin (0,23 persen) ke awal penutupan 1.068,06.

Investor resah oleh komentar yang dikeluarkan oleh Bernanke yang membangkitkan reaksi beragam tentang kapan The Fed dapat keluar dari stimulus moneter besar-besaran.

"Pasar dilanda tekanan jual setelah rilis dari teks," kata Gregory Drahuschak dari Janney Montgomery Scott.

Bernanke menawarkan petunjuk mengenai kenaikan suku bunga karena bank sentral mengakhiri usaha stimulus yang sangat besar tetapi berpendapat bahwa kebijakan moneter "akomodatif" masih diperlukan untuk mempertahankan pemulihan.

"Perekonomian terus memerlukan dukungan dari kebijakan moneter akomodatif," kata Bernanke, menggunakan kode Fed untuk suku bunga sangat rendah.

"Namun, kami telah bekerja untuk memastikan bahwa kita memiliki alat untuk mundur, pada waktu yang tepat, saat ini tingkat stimulus moneter sangat tinggi.

Kami memiliki keyakinan penuh bahwa, bila waktunya tiba, kita akan siap untuk melakukannya."

Komentar memancing tanggapan beragam dari analis.

Kesaksian Bernanke itu "membuat jelas dia tidak mengharapkan untuk mengetatkan kebijakan dengan cara yang berarti dalam waktu dekat," kata Ian Shepherdson dari High Frequency Economic.

Tetapi analis pasar independen Larry Doyle mengatakan, Bernanke mengirim "sangat jelas tanda bahwa ia akan segera mulai menaikkan suku bunga yang dipilih."

Pasar juga menunggu berita karena para pemimpin Uni Eropa siap untuk bertemu di Brussels, Kamis, dengan meningkatnya perhatian pada keuangan yang menawarkan jaminan ke Yunani untuk mencegah krisis utang dan menenangkan pasar keuangan. (A026/K004)

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar