9.17.2009

Lalu Lintas Menuju Jalur Tengah Padat

.

Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas memasuki jalur tengah yang tembus ke Cirebon dengan melintasi Sadang, pada Jumat dini hari mengalami kepadatan akibat tingginya volume kendaraan yang melintas setelah dialihkan dari gerbang Tol Cikampek.

Pantauan ANTARA, kepadatan kendaraan yang melintas dari gerbang Tol Cikampek itu sudah terlihat dari jalan raya Cibungur menuju Sadang.

Kondisi yang sama juga terjadi di perempatan Sadang menuju Subang, karena terdapat penyempitan jalan di daerah itu.


Arus lalu lintas di sekitar Sadang itu sempat tersendat akibat adanya penyempitan jalan pada ruas jalan menikung, tepatnya pada jalan raya menikung tujuan Subang di perempatan tersebut.

Untuk sampai ke Cirebon melintasi jalur tengah, para pemudik harus melewati Sadang-Kalijati-Subang-Cikamurang-Kadipaten-Cirebon-Jawa Tengah.

Kabag Ops Polwil Purwakarta, Kompol Sambodo, Kamis (17/9) malam, mengatakan, pengalihan arus lalu lintas ke jalur tengah melintasi Sadang dilakukan, karena terjadi kepadatan di gerbang Tol Cikampek dan di jalan menuju jalur pantai utara (pantura) dan di jalur Pantura Karawang.

Sedangkan jika jalur tengah itu sudah tidak bisa menampung pengalihan arus lalu lintas dari gerbang Tol Cikopo, maka bisa dilakukan pengalihan arus ke jalur selatan, dengan melintasi jalan Tol Purbaleunyi, keluar di gerbang Tol Cileunyi.

Menurut dia, pengalihan arus lalu lintas ke jalur selatan itu dilakukan jika sudah mendesak, dialihkan sejak di jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 66 menuju Purbaleunyi.

Untuk kendaraan yang sudah terlanjur dialihkan ke Sadang, bisa melintasi jalan raya kota Purwakarta, selanjutnya dialihkan ke gerbang Tol Jatiluhur untuk ke jalan Tol Purbaleunyi.

Secara umum, ada empat cara mengatasi kemacetan di gerbang Tol Cikampek, yakni mengatasi kepadatan kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Cikampek tujuan pantura dengan mengalihkan arus di jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 68 ke arah gerbang Tol Kalihurip.

Apabila gerbang Tol Kalihurip sudah tidak bisa menampung arus lalu lintas, maka dilakukan pengalihan arus dari gerbang Tol Cikampek ke jalur alternatif melewati Sadang, Purwakarta atau jalur tengah.

Jika pengalihan arus itu mengalami kepadatan pula, maka kendaraan tujuan Jawa Tengah bisa dialihkan melalui jalan Tol Purbaleunyi.(*)

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar