5.16.2009

Chris John Latih Gerakan Kaki

.

Semarang (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA, Chris John, melatih gerakan langkah kaki sebagai persiapan menghadapi petinju tuan rumah Ricardo "Rocky" Juarez pada pertarungan ulang di Staples Center Los Angeles, Amerika Serikat, 27 Juni 2009.

"Untuk teknik, saya melatih untuk mempertajam gerakan langkah kaki supaya bisa mengantisipasi saat mendapat tekanan atau serangan dari Juarez," kata petinju kelahiran Kabupaten Banjarnegara, Jateng, ketika dihubungi dari Semarang, Minggu.

Menurut petinju dengan julukan The Dragon tersebut, ketika mendapat tekanan dari lawan, dirinya gerakan kaki harus lincah untuk menghindar dari jangkauan pukulan Juarez tersebut. "Makanya, untuk teknik saya lebih mempertajam latihan langkah kaki disamping menambah bobot pukulan," katanya menegaskan.


Kalau untuk fisik, kata petinju yang sudah 11 kali berturut-turut mempertahankan gelarnya sejak mererbut dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon pada pertarungan ad-interim di Bali, 2003, sudah mencapai 50 persen.

"Untuk fisik memang kami utamakan karena saat pertarungan pertama di Toyota Center Houston Texas, Amerika Serikat, Juarez memiliki kelebihan dalam hal fisik dan stamina yang bagus sehingga mampu mengimbangi dirinya," kata peraih medali emas PON XV/2000 saat masih menekuni cabang olahraga wushu (nomor sanshou) tersebut.

Chris John bergabung di Sasana Herry`s Gym Perth Australia awal April 2009 dan kini sudah satu bulan setengah lebih menjalani latihan serius di bawah asuhan pelatih Craig Christian yang juga manajernya.

Ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) ini akan bertolak ke Amerika Serikat tiga minggu sebelum pertarungan melawan Rocky Juarez untuk menyesuaikan dengan kondisi cuaca di Los Angeles yang berbeda dengan di Australia atau Indonesia.

Asisten Manajer Herry`s Gym, Toni Priatna mengatakan, Chris John berada di Los Angeles (LA) Amerika Serikat sekitar tiga minggu sebelum tarung ulang dengan Ricardo "Rocky" Juarez.

"Chris John tetap memerlukan adaptasi dengan lingkungan di Los Angeles Amerika Serikat, sehingga tiga minggu sebelum pertarungan tersebut, yang bersangkutan sudah berada di sana," katanya.

Menurut dia, hal sama dilakukan petinju kelahiran Kabupaten Banjarnegara, Jateng, saat menghadapi petinju yang sama di Toyota Center Houston, Texas, Amerika Serikat, 28 Febuari 2009. "Sekitar bulan sebelum pertarungan di Texas, Chris John juga sudah berada di sana," katanya.

Sebelumnya, Oscar De La Hoya dari Golden Boy Promotions (GBP) usai pertarungan Chris John melawan Juarez di Toyota Center menyatakan siap mengelar rematch untuk kedua petinju tersebut.

Chris John berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu WBA setelah bertarung dengan hasil imbang menghadapi penantangnya Rocky Juarez dari AS dalam pertarungan di Houston, Texas, AS, Sabtu (28/2) atau Minggu (1/3) waktu di Indonesia.

Pertarungan Chris John yang berlangsung di Toyota Center itu, berakhir imbang karena ketiga hakim memberikan nilai sama untuk kedua petinju, yaitu 114-114 dan suami mantan atlet wushu Jateng, Anna Maria Megawati itu tetap mempertahankan gelarnya.
(*)

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar