10.28.2010

PDIP Sambut Audit Keuangan Parpol Oleh BPK

.

Kulon Progo (ANTARA News) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta menyambut dengan baik atas kebijakan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo yang meminta Badan Pemeriksaan Keuangan melakukan audit penggunaan keuangan partai politik.

Ketua DPC PDIP Kulon Progo, Tony Hary Prasetyo, di Wates, Kamis,mengatakan PDIP menyadari bahwa penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten harus dipertanggungjawabkan penggunaannya. Untuk itu, PDIP siap untuk diaudit keuangannya, khususnya penggunaan keuangan dari APBD kabupaten.

"Kami menghargai audit yang dilakukan oleh BPK, karena ini sebagai wujud pertanggungjawaban PDIP kepada masyarakat khususnya konstituen yang mempercayai PDIP, karena memang penggunaan uang parpol harus ada transparasi sehingga masyarakat tahu keuangan parpol dan penggunaannya serta dari mana asal keuangan partai," katanya.
Sebelumnya, Kepala Kantor Kesbanglinmas Kulon Progo Riyadi Sunarto, menyatakan Pemkab Kulon Progo tidak akan mencairkan dana kepada partai politik (parpol) sebelum ada audit dari BPK karena selama dua tahun penggunaan dana dari pemerintah untuk parpol tidak ada laporan dan diaudit.

Adapun ke 10 parpol yang diaudit oleh BPK yaitu Partai Golkar, PDIP, PAN, PPP, PKB, PDK, Gerindra, PKS, Patriot, dan Demokrat.

"Kami tidak akan mencairkan dana sebelum ada audit dari BPK tentang penggunaan dana dari APBD Kabupaten Kulon Progo. Kami akan mencairkan dana setelah ada bukti audit dari BPK, karena selama ini tidak jelas penggunaan dana oleh partai," katanya.

Ia mengatakan, kebijakan tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2009 pasal 12 tentang bantuan keuangan parpol. Dalam pasal tersebut, kata dia, untuk mencairkan dana keuangan partai politik perlu dialukan audit oleh BPK.

"Pemkab Kulon Progo berhak mengetahui penggunaan dana oleh partai politik khususnya dana yang diluarkan oleh pemkab melalui APBD kepada partai politik. Selama dua tahun, penggunaan dana dari pemerintah tidak pernah diaudit," katanya.

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar