2.19.2010

Sejumlah Orang Tewas Dalam Bentrokan di Pantai Gading

.

Abidjan (ANTARA News/AFP) - Sejumlah orang tewas Jumat dalam bentrokan antara pasukan keamanan dan demonstran yang memprotes Presiden Laurent Gbagbo di Gagnoa, Pantai Gading bagian barat, kata beberapa sumber rumah sakit.

Petugas medis mengatakan, tiga mayat dibawa ke kompleks rumah sakit di kota itu dan mereka tewas akibat luka-luka tembakan. Sedikitnya satu orang yang cedera berada dalam kondisi serius, kata pegawai rumah sakit itu melalui telefon.

Satu sumber kepolisian mengkonfirmasi "beberapa orang tewas" namun tidak bisa menyebutkan jumlahnya.

"Polisi menyerang demonstran dengan menggunakan amunisi nyata," kata Gildas Konan, koordinator lokal gerakan pemuda Partai Demokratis Pantai Gading, salah satu partai oposisi utama.

Pawai mulai dilakukan pada pagi hari oleh demonstran yang menuntut pemulihan Komisi Pemilu Independen yang dibubarkan oleh Gbagbo pada 12 Februari, ketika ia juga membubarkan pemerintah.

Sejak awal pekan, protes yang disertai dengan kekerasan terjadi di negara Afrika barat itu, namun demonstrasi di Gagnoa itu merupakan yang pertama dimana dilaporkan ada korban tewas.

Perdana Menteri Guillaume Soro, mantan pemimpin pemberontak yang tetap dipertahankan oleh Gbagbo, diberi waktu hingga Sabtu untuk membentuk pemerintah baru. (M014/K004)

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar