12.03.2009

LSM Laskar Anti Korupsi Mamuju Desak Kasus Century Dituntaskan

.

Mamuju (ANTARA News) - LSM di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mendesak agar kasus Bank Century yang diduga telah merugikan negara hingga Rp6,7 triliun dituntaskan.

"Kami meminta presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) harus tegas dalam bersikap soal skandal Bank Century, pemerintah harus transparan dan tidak menutup-nutupi kasus itu, serta berani untuk mengusut tuntas," kata Ketua Laskar Anti Korupsi (LAK-Sulbar), Muslim Fatillah Azis, di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, dalam skandal Bank Century mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Boediono, dan Mentri Keuangan Sri Mulyani yang diduga terlibat dalam kasus tersebut juga harus dinonaktifkan dari jabatannya.


Menurut dia, pemerintah harus berpihak kepada rakyat sehingga harus mengusut kasus yang telah merugikan keuangan negara yang cukup besar tersebut.

"KPK harus diberikan kewenangan untuk mengusut tuntas kasus tersebut, jangan justru KPK dilemahkan dalam bentuk kriminalisasi seperti terjadi pada kasus Bibit-Candra, begitu juga polisi dan Jaksa harus pro aktif mengusut kasus tersebut,"katanya.

Ia juga mengatakan dukungannya terhadap hak angket DPR mengenai kasus Bank Century dan berharap agar DPR tidak bekerja setengah-tengah dalam menyelesaikan kasus itu.

"DPR jangan "Masuk angin" atau terkontaminasi politik, sehingga tidak konsisten mengusut kasus Cantury tersebut, DPR juga harus lebih mengutamakan kepentingan rakyat yang dirugikan dari kasus ini,"katanya.

Hal yang sama dikatakan Mas`ud Ketua LSM Poli-Poli ia meminta agar kasus Century segera diproses sesuai hukum yang berlaku di negara ini.

"Semua harus peduli dengan kasus ini dan meminta agar segera diusut tuntas," katanya.(*)

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar