10.20.2009

Kabinet Terbentuk Sebelum Presiden ke Thailand

.

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sekretaris Negara Hatta Radjasa mengatakan kabinet Indonesia Bersatu II akan terbentuk sebelum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri KTT Asean di Thailand, 23 Oktober mendatang.

"Itu Presiden yang memutuskan. Tapi yang jelas tidak akan lama, pasti setelah pelantikan ini beberapa hari saja. Walaupun dalam UU 14 hari, ini seminggu juga tidak sampai, karena Presiden mau berangkat ke Hua Hin Thailand," kata Hatta usai memberikan ucapan selamat kepada Presiden Yudhoyono dan Wapres Boediono di Istana Merdeka Jakarta, Selasa.

Ketika ditanya apakah masih ada figur yang ditunggu untuk masuk kabinet sehingga sampai Selasa (20/10) Presiden belum memastikan tanggal pengumuman kabinet, Hatta tidak dengan jelas menjawab hal tersebut.


"Kan kita semua ini calon, itu subject to evaluate, tes kesehatan, tes kejiwaan, karena semua itu bukannya formalitas, tes betulan dan itu kan dilaporkan oleh tim dokternya, bagaimana hasilnya Presiden masih akan mengevaluasi. Ini tes beneran ini dan sangat serius," paparnya.

Sementara itu juru bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng di tempat yang sama mengatakan pada waktunya presiden akan mengumumkan susunan kabinet.

"Kita tunggu saja, nanti ada waktunya," katanya.

Sejak Sabtu (17/10) hingga Senin (19/10) Presiden Yudhoyono telah memanggil 36 orang untuk mengikuti uji kelayakan. Satu orang yang belum mengikuti proses itu adalah mantan Kepala BRR Aceh dan Nias Kuntoro Mangkusubroto yang diperkirakan akan menempati posisi setara menteri.

Uji kelayakan Kuntoro, menurut Hatta, bisa dilakukan Selasa (20/10) atau Rabu (21/10) pagi. Tempatnya pun masih tentatif apakah Istana atau kediaman pribadi presiden di Cikeas. (*)

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar