10.13.2009

Investasi Akan Meningkat pada Q3 2009

.

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah memperkirakan investasi sudah akan mulai meningkat pada kuartal III (Q3) 2009 sehingga mulai berperan dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

"Investasi mungkin agak sedikit meningkat tapi memang belum lebih dari 5 persen," kata Plt Menko Perekonomian/Menkeu, Sri Mulyani Indrawati, di Jakarta, Selasa.

Ia mengakui, komposisi penyumbang pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2009 tidak akan berbeda jauh dengan kuartal II 2009.


"Pertumbuhan konsumsi mungkin masih di kisaran 5 persen, investasi mungkin agak sedikit meningkat, sementara ekspor diperkirakan masih negatif," katanya.

Namun untuk ekspor, negatifnya akan berkurang dari sebelumnya negatif 19 persen menjadi sekitar negatif 10 persen.

"Kita akan lihat komposisi dari agregat demand, belanja pemerintah barangkali tidak ada perubahan, atau relatif sama dengan tahun lalu," katanya.

Pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi selama 2009 sekitar 4,1 hingga 4,3 persen. Khusus untuk kuartal IV 2009 diperkirakan mencapai 4,5 persen.

Sementara itu, mengenai kebijakan gula, Sri Mulyani yang juga Plt Menko Perekonomian mengatakan, masalah terkait gula yaitu dinamika harga internasional bergerak cepat, sementara pabrik-pabrik gula di dalam negeri masih menggunakan teknologi dan biaya yang belum kompetitif.

"Kondisi ini menghadapkan kita harus mencari jalan yang cukup seimbang, termasuk dalam hal ini adalah kebijakan impor dan tarif bea masuknya," katanya.

Ia menyebutkan, pemerintah tidak ingin melakukan impor yang kemudian mematikan seluruh potensi di dalam negeri. Harus dipisahkan antara tekanan perubahan harga dengan kebutuhan produksi gula yang efisien.

"Untuk 2010, pemerintah sudah menyediakan anggaran revitalisasi. Itu bisa menjadi salah satu bentuk untuk melakukan efisiensi. Pemerintah akan mencari kombinasi yang terbaik," kata Menkeu.(*)

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar