3.31.2009

Soal Ekonomi, Rakyat AS Tidak Salahkan Obama

.

Washington (ANTARA News/Reuters) - Presiden AS Barack Obama memperoleh dukungan luas rakyat daripada pihak lain yang dituduh bertanggungjawab atas keadaan perekonomian AS sekarang, demikian jajak pendapat Washington Post/ABC News yang dipublikasikan Selasa.

Saat disodori pertanyaan siapa yang harus bertanggungjawab atas kemunduran perekonomian AS belakangan ini, 80 persen responden menyalahkan bank, lembaga keuangan dan pihak perusahaan.

Sekitar 70 persen menyalahkan konsumen karena terlalu banyak berutang dan pemerintahan Bush karena kurangnya pengaturan, dan hanya 26 persen yang menyebut pemerintahan Obama tidak cukup bekerja dalam memulihkan keadaan.

Dua pertiga responden menyetujui cara Obama menjalankan pemerintahan dan 60 persen memaklumi cara dia menangani perekonomian AS, sedangkan 64 persen percaya kebijakan-kebijakan Obama akan memulihkan perekonomian atau turun dari sebelum Obama menjabat Presiden AS yang angkanya saat itu 72 persen.

Empatpuluhdua persen menyatakan negara mereka kini sedang berada di rel yang benar menuju lima tahun penuh pertumbuhan di bawah kepemimpinan Obama.

Akhir tahun lalu, manakala presiden George W. Bush memasuki bulan-bulan terakhir kekuasaannya, sembilan dari setiap sepuluh orang Amerika menilai negara mereka berada di jalan yang salah.

Jajak pendapat terhadap 1.000 orang ini diadakan dari Kamis sampai Minggu dengan marjin sampling error 3 persen. (*)

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar