11.25.2009

Gubernur Minta Gaji Guru Swasta di Atas UMP

.

Jambi (ANTARA News) - Gubernur JambiH Zulkifli Nurdin di Jambi minta kepada yayasan pendidikan swasta agar memberikan gaji kepada guru swasta diatas upah minimum provinsi (UMP) atau minimal sama dengan UMP.

"Saya prihatin kalau ada yasan yang menggaji guru dibawah UMP. bagaimana mereka bisa bekerja dengan baik kalau kesejahteraannya tidak diperhatikan dengan baik," kata Gubernur usai mengikuti acara Hari Guru Nasional di Jambi, Rabu.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Rahmad Derita ketika diminta tanggapannya soal pernyataan gubernur menyatakan akan mengumpulkan yayasan-yayasan pendidikan swasta untuk membahas gaji guru swasta ini.


Dalam pembahasan nanti, Diknas akan memberikan standar gaji bagi guru swasta yang harus ditaati oleh pihak yayasan.

"Sekarang ini tidak pantas lagi guru diberikan gaji dibawah UMP, padahal kesejahteraan guru juga merupakan salah satu faktor peningkatan kualitas pendidikan," ujarnya.

Idealnya, gaji seorang guru minimal Rp2 juta per bulan sebagai bentuk penghargaan terhadap guru atau setidaknya dalam satu jam mengajar harus mendapatkan honor sebesar Rp12.500.

Namun begitu, ketika kesejahteraan diperhatikan hendaknya para guru juga bisa memperhatikan kualitasnya masing-masing. Seorang guru harus memiliki kompetensi akademik, pedagogik, sosial dan kepribadian.

Rahmad juga menyampaikan, dalam usaha memajukan pendidikan perlu peran swasta lantaran anggaran pemerintah sangat terbatas.

Ia mencontohkan, dalam setahun dibutuhkan dana Rp800 ribu per orang sementara pemerintah melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hanya mampu menyediakan dana Rp397 ribu per orang untuk sekolah kabupaten dan Rp400 ribu per orang untuk SD di kota.

Perayaan Hari Guru Nasional yang dipusatkan di GOR Kotabaru, Kota Jambi, berlangsung meriah, dihadiri ribuan guru dan murid dari seluruh kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi berharap, melalui Hari Guru ini bisa lebih menghargai peran seorang guru dalam pembangunan daerah, bahkan negara.

"Saya bisa menjadi gubernur karena ada guru yang dahulu membimbing saya," kata Zulkifli Nurdin saat memberikan sambutannya.(*)

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar